Kursus Revit - Dasar Material & Asset Editor

Hasil penggunaan Asset Editor di Revit

Autodesk Revit memiliki fitur material yang memungkinkan kita untuk mendefinisikan material pada setiap objek yang dibuat. Seperti halnya pada software gambar 3d yang lain, material memiliki nama dan karakteristik tersendiri. Begitu pula di Revit, kita dapat mengatur tampilan dan karakteristik material sesuai keinginan. Pada kursus revit kali ini akan kita bahas satu persatu langkahnya.

Buka file Revit yang sudah ada, masuk ke view 3d. Akan muncul view 3d Isometrik. Kita bisa menampilkan view perspektif dengan cara klik panah kebawah di tombol 3d, pilih camera. Arahkan titik kamera dan arahnya dilayar dengan 2x klik. Lalu akan muncul view perspektif. 




Objek 3d Revit yang belum diberikan material




Buka denah, dan klik Camera untuk membuat tampilan perspektif




Klik dan arahkan untuk membuat tampilan kamera




View Perspektif sudah muncul dilayar

View perspektif ini memiliki frame yang dapat diatur ukuran besar kecilnya, cukup klik frame dan terdapat 4 titik disekelilingnya untuk mengatur ukuran tinggi dan lebarnya. Selanjutnya pilih shading menjadi realistic. Tampilan realistic pada Revit menunjukkan tampilan material secara visual. 


Atur shading menjadi realistic




Terlihat tampilan realistic

Pada gambar diatas terlihat bahwa objek-objek bangunan masih memiliki tampilan yang abu-abu gelap. Ini karena kita belum mengatur tampilan visual materialnya atau disini dinamakan Appearance. Cara mengubahnya, klik salah satu objek, misal dinding. Pilih Edit Type, lalu terdapat menu Structure - Edit, klik untuk mengubah susunan materialnya. 


Klik Structure - Edit


Klik di Kolom Material untuk masuk ke jendela material

Akan muncul tabel susunan material seperti diatas, pada kolom Material, klik dibagian sudut disalah satu material, maka akan terbuka jendela material editor seperti gambar dibawah. Pilih salah satu nama material pada slot sebelah kiri, lalu dibagian jendela kanan klik appearance untuk mengatur karakteristik materialnya.



Pilih tab Appearance

Perhatikan dijendela Appearance terdapat nama dari Appearance, nama ini berbeda dengan nama material. Dibagian kanan nama ini terdapat tool Asset Editor, klik dan akan muncul jendela Asset Browser.


Klik Asset Editor

Jendela Asset Browser seperti terlihat digambar dibawah merupakan jendela pilihan karakteristik material yang dapat langsung digunakan. Klik panah kecil dibagian kiri Appearance Library disebelah kiri, akan muncul kategori tampilan material seperti Ceramic, Concrete, Glass, Masonry, dll. Pilih salah satu kategori material, akan muncul pilihan material disebelah kanan. Klik 2x pada material yang dipilih, lalu tutup jendela Asset Browser.


Pilihan Kategori Material di Asset Editor


Pilih salah satu kategori



Klik 2x untuk memilih salah satu material didalam kategorinya, lalu tutup jendela Asset Editor

Setelah klik 2x, terlihat tampilan material sudah menggunakan tampilan dari Asset Editor. Klik OK untuk menerapkannya pada objek.


Klik OK di jendela Material



Klik OK



Perubahan tampilan sudah diterapkan


Pada gambar diatas sudah terlihat objek menggunakan karakteristik material yang kita dapat dari Asset Editor. Selanjutnya untuk latihan kursus, terapkan cara yang sama untuk objek-objek yang lain.


Klik objek yang lain untuk mencoba hal yang sama

Gunakan langkah yang sama untuk latihan kursus Revit mengubah karakteristik visual material


Klik tombol Asset Editor


Pilih Kategori, dan pilih Material




Klik 2x




Klik OK




Percobaan pada jenis material lain




Perhatikan perubahan objek dilayar gambar sudah terlihat sesuai pilihan material 




Asset Editor untuk membuat material yang lain




Asset Editor untuk membuat material yang lain




Perubahan material untuk objek-objek yang lain




Setelah lengkap terlihat objek 3d sudah memiliki tampilan material 


Simak tutorial ini dalam bentuk video