Menggambar Dinding Menggunakan Revit Architecture

Dinding merupakan salah satu komponen utama pembentuk bangunan. Selain lantai, atap, pintu dan jendela, dinding merupakan komponen yang sejak awal perlu kita torehkan sebelum meletakkan komponen-komponen lainnya. Dalam Revit, fasilitas untuk membuat dinding disediakan dengan lengkap, padat, namun dengan cara yang simpel. Penulis akan membahasnya pada posting kali ini.

Klik disini untuk download Contoh File Revit 

Pertama-tama klik icon wall, lalu akan muncul beberapa menu setting yang berkaitan dengan dinding. Menu-menu tersebut antara lain:

Menu dan setting "wall"

a. Height : Tinggi dinding/batas atas dinding
Disini kita bisa menentukan tinggi dinding. Jika pada menu pilihan kita memilih unconnected, maka tinggi dinding akan sesuai dengan nilai yang tertera disebelahnya. Nilai ini dapat diubah sesuai keinginan.

Opsi lain adalah kita menentukan batas atas dinding pada level mana. Misal batas atas dinding adalah level 2, maka tinggi dinding akan dibatasi sampai pada level 2.

b. Lantai Aktif
Elemen yang berhuruf tebal dibagian view adalah lantai yang aktif, karena itu dinding yang dibuat akan berada pada lantai ini.

c. Location Line : Posisi terhadap garis
Menentukan berada dimana sumbu dinding pada saat menggambar. Umumnya "centerline" yaitu garis berada ditengah dinding. Namun kita dapat juga memilih bidang dalam atau bidang luar sebagai sumbu.

d. Draw : Metode
Tool yang disediakan untuk memilih bagaimana kita membentuk dinding diarea kerja. Umumnya kita gunakan garis biasa / line, namun pilihan lain dapat dicoba seperti rectangle, poligon, lingkaran, garis lengkung, atau dengan "pick line" kita dapat menjiplak dari garis lain yang ada sebelumnya.
Setelah memilih salah satu metodenya, kita bisa mengklik langsung diarea kerja dan dinding akan terbentuk sesuai setting yang kita terapkan.

Membentuk dinding di area kerja


Tampilan 3d 


e. Type : Pilih Tipe
Disini terdapat tipe-tipe dinding yang disediakan. Terdapat tipe yang langsung dapat kita gunakan atau dapat kita modifikasi. Tipe lain yang kita buat sendiri juga akan muncul disini.

f. Edit Type : Setting dinding.
Disini kita dapat mengubah tipe yang ada ataupun membuat baru tipe sesuai kebutuhan. Didalamnya dapat ditentukan ketebalan dinding, material penyusunnya, hingga arsiran yang akan ditampilkan di gambar kerja. Edit type berlaku untuk hampir seluruh objek revit, dengan menu yang berbeda-beda pengguna dapat mengubah properties objek sesuai kebutuhan.

Jendela Setting Dinding (Edit Type)

Jendela Edit Struktur Dinding  


Dengan memahami poin-poin diatas, pembaca sudah dapat membuat dinding menggunakan revit sesuai kebutuhan desain dan proyek. Menggunakan revit, dinding yang kita buat akan langsung tersedia versi gambar kerja maupun 3d nya. Beda dengan program CAD berbasis garis dan bidang, di revit berbagai kemudahan akan diberikan karena komputer sudah mengenali objek sesuai jenisnya. Sebagai contoh, ketika dinding telah terbentuk, kita dapat menambahkan pintu dan jendela, kemudian dinding secara otomatis akan memberikan lubang sesuai ukuran pintu atau jendela tersebut. Selain itu ketika kita membentuk atap diatas dinding, tinggi dinding dapat disesuaikan ataupun dipotong secara otomatis mengikuti bentuk atapnya.