Menampilkan Rincian BQ Ceilling Ruangan

Salah satu keuntungan yang sangat dirasa membantu ketika menggunakan software Revit Architecture adalah informasi Quantity atau Schedule. Schedule disini diartikan sebagai list quantity, bukan timeline atau waktu. Semua komponen yang kita buat menggunakan tool Revit dapat dimunculkan data quantitynya. Revit mendata objek berdasarkan type yang kita buat. Dengan penamaan type, Revit akan merekam jumlah masing-masing objek yang kita buat.

Pada postingan kali ini, kita akan memunculkan BQ atau schedule untuk komponen ceilling. Data-data yang bisa dimunculkan dalam kategori ceilling antara lain :

- Family : Jenis family ceilling
- Type : Penamaan type sesuai dengan yang kita buat dengan duplicate
- Level : Posisi level tempat ceilling berada
- Area : Luas area ceilling yang terbentuk
- Perimeter : Keliling
- Cost : Biaya
- Comments : Keterangan atau komentar lain yang dapat diberikan

dan beberapa data lain yang bisa dipakai untuk kelengkapan informasi quantity ceilling

Untuk menampilkan BQ Ceilling, Klik menu View, Schedule, Quantities. Lalu pilih Ceilings untuk kategori BQ yang akan dikeluarkan. Setelah ok pilih beberapa informasi didalam Fields. Informasi ini merupakan parameter yang sesuai dengan keberadaan ceilling berikut data-data yang kita input kedalamnya.. Beberapa informasi penting untuk ceilling sudah dipaparkan diatas.


Pilih Kategori Ceiling

Masukkan Field atau kolom informasi yang dibutuhkan. Klik fx untuk tambahan kolom dengan formula

Calculated value atau formula perlu kita tambahkan karena Revit tidak menyediakan kolom untuk perkalian biaya dengan volume terpasang. Karena itu klik tombol fx, lalu masukkan formula yang kita ingin jumlahkan. Jangan lupa untuk memberikan spasi diantara setiap item formula.


Membuat formula perkalian

Dalam pengelolaan komponen-komponen data BQ kita perlu mengatur berbagai properties data schedule. Pengaturan tersebut adalah Filter, Sorting/Grouping, Formatting & Appearance.

Filter : Menyaring informasi yang akan dimunculkan atau tidak
Sorting/Grouping : mengelompokkan dan mengurutkan. 
Formatting : Menentukan format tampilan, satuan & kalkulasi kolom
Appearance : Mengatur jenis font, tipe garis, dll

Langkah pertama untuk sorting kita pilih saja sort by : Type, dibawahnya ada pilihan footer, bisa diceklist. Footer berfungsi untuk memberikan subtotal data dari kelompok tipe berupa jumlah. Pada menu sorting/grouping ini juga terdapat pilihan Grand Totals untuk menjumlahkan semua subtotal. Terdapat juga opsi Itemize every instance untuk memunculkan semua satuan item. Itemize every instance ini akan membuat list menjadi penuh karena semua item akan didaftarkan di tabel, namun akan berguna jika kita ingin melacak keberadaan beberapa item.

Kelompokkan dengan sorting/grouping

Pada menu formatting kita dapat mengatur beberapa setting, perhatikan bahwa setting berlaku untuk masing-masing kolom
Heading : Judul kolom
Alignment : Posisi teks, rata kiri, rata kanan, atau tengah
Field Formatting : Menentukan format satuan dari kolom misal memiliki informasi panjang, luas atau volume
Calculate totals : Untuk mengkalkulasi kolom.


Atur tampilan & penjumlahan dengan formatting



Formatting kolom

Satuan unit 
Setelah klik ok, akan muncul tabel rincian dari komponen yang kita keluarkan schedule nya, perhatikan dikolom Area terisi luas untuk masing-masing tipe beserta kalkulasi totalan dibawahnya. Pada kolom cost masih kosong jika memang belum memasukkan informasi cost pada tipe yang dibuat. Begitu pula biaya pemasangan yang merupakan perkalian dari Area dan Cost. Kita dapat mengisi langsung kolom cost ditabel ini, maka perkaliannya akan muncul dikolom Biaya Pemasangan.


Kolom cost dapat diisikan dengan biaya terpasang permeter

Setelah mengisi kolom cost maka secara otomatis biaya borongan akan terisi